Banner

=SENANTIASA PERERAT TALI PERSAUDARAAN & KEBERSAMAAN=

Minggu, 26 Februari 2012

Karangwuni Dimanakah Engkau..??

Karangwuni adalah sebuah Pedukuhan / Dusun / Kampung yang terletak diujung sebelah tenggara propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya masuk wilayah Desa Karangwuni, kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul.
Penduduk pedukuhan Karangwuni terbagi menjadi 4 RT dan 2 RW yang masing-masing terdiri dari 25-30 kepala keluarga. Jadi total ada sekitar 120 KK atau sekitar 500 penduduk yang bermukim disana.

Secara geografis dusun Karangwuni adalah salah satu dari sekian banyak wilayah di Indonesia yang rawan kekeringan dan sumber air bersih. Penduduk setempat hanya bisa mengandalkan air hujan untuk dikonsumsi,  sedangkan untuk kebutuhan lainnya mengandalkan sumber air dari telaga kecil yang terisi air jika musim hujan tiba. Dan jika kemarau tiba airmu sudah lenyap ditelan bumi.

Mata pencaharian penduduk pedukuhan Karangwuni adalah bertani. Lahan yang digunakan adalah tanah gersang dan berbatu yang hanya bergantung pada musim saja. Adapun jenis tanaman yang bisa ditanam hanya tanaman palawija dan padi yang masa panennya hanya satu tahun sekali.

Karena  keadaan mereka yang selalu tergantung pada alam ini, penduduk Karangwuni terkenal sangat mandiri, ulet, gigih, sabar, dan kuat.

Selain itu ternyata warga karangwuni sebagian penduduknya mencoba mengadu nasib hanya untuk sekadar mencari keberuntungan dengan cara merantau ke kota. Dan bersyukur ternyata banyak warga Karangwuni yang sukses.
Ini terbukti dengan munculnya blog ini, untuk di daerah Jakarta dan sekitarnya saja ada 50 lebih warga Karangwuni. Belum termasuk yang merantau di Yogya, Semarang, Solo, Surabaya, dan Kota lainnya.

Oh Karangwuni engkau sungguh sebuah dusun yang tak pernah kami lupakan. Kami akan selalu berhutang budi padamu. Engkau telah banyak memberikan pelajaran berharga bagi kami. Setiap tahun kami selalu ingin bertemu denganmu....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar